WAYANG


Indonesia sangat kaya akan kebudayaannya, jika di banyak negara lain hanya memiliki satu kebudayaan atau beberapa kebudayaan saja, namun lain halnya dengan Indonesia, karena Indonesia memiliki keanekaragaman budaya terbanyak di dunia yang sangat mempesona dan indah. Dan inilah beberapa kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia.
SENI PERTUNJUKAN
1.1 WAYANG KULIT
Wayang adalah kesenian khas jawa yang sangat memukau. orang yang memerankan tokoh wayang dinamai dengan dalang. wayang telah menjadi seni pertunjukan yang sangat digemari masyarakat jawa. wayang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia milik bangsa indonesi.
1.2 WAYANG GOLEK
Wayang adalah bentuk teater rakyat yang sangat popular. Orang sering menghubungkan kata “wayang” dengan ”bayang”, karena dilihat dari pertunjukan wayang kulit yang memakai layar, dimana muncul bayangan-bayangan. Di Jawa Barat, selain wayang kulit, yang paling populer adalah wayang golek. Berkenaan dengan wayang golek, ada dua macam diantaranya wayang golek papak (cepak) dan wayang golek purwa yang ada di daerah Sunda. Kecuali wayang wong, dari semua wayang itu dimainkan oleh seorang dalang sebagai pemimpin pertunjukan yang sekaligus menyanyikan suluk, menyuarakan antawacana, mengatur gamelan mengatur lagu dan lain-lain.
1.3 WAYANG ORANG
Wayang orang disebut juga dengan istilah wayang wong (bahasa jawa) adalah wayang yang dimainkan dengan menggunakan orang sebagai tokoh dalam cerita wayang tersebut.
Sesuai dengan nama sebutannya, wayang tersebut tidak lagi dipergelarkan dengan memainkan boneka-boneka wayang ( wayang kulit )yang biasanya terbuat dari bahan kulit kerbau ataupun yang lain), akan tetapi menampilkan manusia-manusia sebagai pengganti boneka-boneka wayang tersebut. Mereka memakai pakaian sama seperti hiasan-hiasan yang dipakai pada wayang kulit. Supaya bentuk muka atau bangun muka mereka menyerupai wayang kulit (kalau dilihat dari samping), sering kali pemain wayang orang ini diubah/ dihias mukanya dengan tambahan gambar atau lukisan.
1.4 SENDRATARI RAMAYANA
Sendratari Ramayana menceritakan perjalanan hidup Rama. Sedangkan Sendratari yang ditampilkan hanya merupakan sebagian kecil dari perjalanan hidup Rama. Cerita ini Berasal dari aliran / agama hindu yang datang dari India , maka di India pun cerita ini sangat terkenal. Candi Prambanan dipilih sebagai tempat pelaksanaan Sendratari karena candi tersebut merupakan candi peninggalan agama Hindu dan cerita Ramayana juga merupakan cerita beraliran Hindu. Candi Prambanan berfungsi untuk memberi penghormatan bagi Dewa Siwa, Dewa Wisnu, dan Dewa Rahmat. Candi ini juga berfungsi untuk melestarikan budaya dan mengenalkan sejarah bagi para turis.
1.5 RAMAYANA BALI

Seperti halnya cerita ramayana jaya cerita ramayan versi bali juga mengisahkan tentang kisah percintaan abadi Dewi Shinta dan Rama yang sempat terganggu oleh kekejian sang  angkaramurka Rahwana seta kisah kesatria Hanoman.
Yang membedakan dari kisah Ramayan Jawa terletak pada penggunaan bahasa, busana penari, pembawaan tariannya, serta gamelan yang mengiringinya.



0 komentar:

Posting Komentar